Review Seri Kedua : The Chronicles of Ghazi (The Clash of Cross and Crescent)

Assalamualaikum, Readers!

Cerita utama di buku seri kedua ini adalah kelahiran anak Vlad yang diberi nama Vlad juga (nantinya dipanggil dengan nama Vlad Dracula), berbeda jauh ceritanya saat lahir anak Sultan Murad II yang diberi nama Mehmed atau yang kita kenal dengan nama Muhammad Al Fatih, yang nantinya akan membebaskan Konstatinopel.

Ada beberapa yang ingin aku highlight pada buku ini,

Pertama, saat lahirnya Muhammad Al Fatih, ayahnya sedang membaca surat Al Fath ayat ke 21.

Dan (telah menjanjikan pula kemenangan-kemenangan) yang lain (atas negeri-negeri) yang kamu belum dapat menguasainya yang sungguh Allah telah menentukan-Nya. Dan adalah Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Al-Fath ayat 21)

Tafsir Lengkap Kemenag
Kementrian Agama RI

Di samping kemenangan dan jaminan keamanan, Allah juga menjanjikan bahwa kaum Muslimin akan menaklukkan negeri-negeri lain yang belum dapat ditaklukkan. Negeri-negeri itu telah dipastikan Allah akan dapat dikuasai oleh kaum Muslimin dan dijaga dari kemungkinan untuk ditaklukkan oleh orang lain. Kebenaran janji Allah itu terbukti di kemudian hari, dengan ditaklukkannya negeri-negeri di sekitar Jazirah Arab seperti Persia, dan sebagian kerajaan Romawi.


Pada akhir ayat ini, Allah menegaskan bahwa Dia mempunyai kekuasaan yang tidak dapat ditandingi oleh siapa pun, dan tidak ada sesuatu yang sukar bagi-Nya. Seakan-akan dengan ayat ini, Allah menyatakan bahwa memenangkan kaum Muslimin atas kaum kafir itu bukanlah suatu hal yang sukar bagi-Nya. Jika Dia menghendaki yang demikian, pasti terjadi.

MasyaaAllah..

Kedua, mulianya akhlaq Sultan Murad II saat Vlad meminta perlindungan kepada beliau.

Mengutip dari salah satu artikel di salah satu majalah islami,
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan Imam itu sebagai perisai (junnah). Maknanya tirai/penutup karena menghalangi musuh menyerang kaum Muslim, menghalangi sebagian masyarakat menyerang sebagian yang lain, melindungi kemurnian islam dan orang-orang berlindung kepada dirinya.

*Padahal ugghh kalau aku jadi pemimpin saat itu, vlad udah abis dah tuh :\

Sekian review-ku tentang buku seri kedua The Chronicles of Ghazi, yang ditulis oleh Ustadz Felix Siauw dan Sayf Muhammad Isa. Semoga bermanfaat dan membuat kalian semakin penasaran sama bukunya!

Setelah aku baca buku ini jadi pengen koleksi buku Ghazi sampai seri ke-6 buat anak-cucu. Hehehehe.

Leave a comment